Ikuti World Scout Kitchen Jambore 2020

by
MASAK - Perwakilan SDN 01 Legok Kalong Danang Setiaji sedang menunjukkan aktivitas memasak tanpa menggunakan alat masak.

*SDN 01 Legok Kalong

LEGOK KALONG – SDN 01 Legok Kalong menjadi salah satu sekolah yang mewakili Indonesia dalam mengikuti World Scout Kitchen Jambore 2020. Demikian disampaikan Pembina Pramuka SDN 01 Legok Kalong sekaligus peserta jambore, Danang Setiaji kepada Radar Pekalongan, Rabu (30/12/2020).

World Scout Kitchen Jambore 2020 merupakan jambore dapur pramuka sedunia yang berada di bawah World Organization of the Scout Movement/WOSM. Jambore ini di dalamnya merupakan kegiatan yang menarik bagi peserta, yaitu upacara pembukaan oleh Syed Ehteshan Naqvi selaku Founder Islamic Scouting Nort America, Life Member National Eagle Scout Association serta berbagai macam kegiatan yang disesuaikan dengan jenjang peserta.

“Kegiatannya beda-beda ya, kalau untuk pramuka siaga juga ada WSKJ Cubs activities seperti mengenal sayur dan membuat cara hiasan atau garnis,” ungkap Danang.

Selain itu peserta jamboree juga harus memasak makanan tradisional dari masing-masing negara dan menyajikannya dalam meja makan di sesi Online food table.

“Kita tidak hanya memasak lho, kita dibekali pengetahuan tentang dampak dari makanan yang dikonsumsi manusia dengan materi obesitas, kanker, dan diabetes, jadi semacam perkuliahan singkat,” imbuhnya.

Dilanjutkan untuk kegiatan malam hari yaitu berkemah dan api unggun di Eurasian, Asia Pacific Region, Inter America. All faith Prayer masing-masing agama dan B.P. Exercise olahraga, serta ditambah pengetahuan tentang pemanfaatan tata surya untuk memasak oleh pramuka yang dinamakan Scout go solar dan Cooking without utencils and other programs yaitu memasak tanpa menggunakan alat dan yang terakhir adalah upacara penutup.