Satgas Covid-19 Lakukan Tes Antigen Acak

by
BERHENTIKAN - Petugas gabungan saat memberhentikan kendaraan yang melintas di Exit Tol Setono untuk masuk ke Kota Pekalongan. Petugas juga meminta pengendara untuk melakukan tes rapid antigen.

*Sekat Pemudik di Exit Tol Setono

KOTA – Satgas Covid-19 Kota Pekalongan melakukan penyekatan dan melakukan tes rapid antigen secara acak kepada pengguna jalan yang akan memasuki wilayah Kota Pekalongan melalui Exit Tol Setono, Senin (28/12/2020). Kegiatan yang melibatkan petugas gabungan dari Dinas Perhubungan, Polres Pekalongan Kota, Kodim Pekalongan, Satpol PP dan Dinas Kesehatan tersebut dilakukan dalam rangka meminimalisir penularan Covid-19 sebagai bagian dari kegiatan pengamanan Natal dan tahun baru.

Dalam kegiatan yang digelar di Pos Pengamanan Nataru di Exit Tol Setono tersebut, petugas menghentikan setiap kendaraan yang melintas dan meminta pengendara maupun penumpang untuk melakukan tes rapid antigen.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekalongan Slamet Prihantono menjelaskan bahwa para pengguna jalan maupun pemudik yang keluar dari tol Batang menuju Kota Pekalongan menjalani tes rapid antigen yang hasilnya dapat diketahui dengan kurun waktu singkat yakni 15 menit. Dikatakan Totok, sapaan akrabnya, bagi pengguna jalan dengan hasil tes non reaktif dapat melanjutkan perjalanan. “Namun, bagi mereka yang hasilnya reaktif akan ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan,” tuturnya.

Mengenai jadwal penyekatan dan tes rapid antigen, dia menyatakan bahwa untuk sementara waktu dilakukan dalam satu hari. Namun tidak menutup kemungkinan kegiatan serupa akan dilakukan secara periodik terutama menjelang arus mudik libur tahun baru yang diprediksi akan terjadi pada 1 Januari 2021 mendatang

“Kami mengadakan penyekatan dan tes rapid antigen bekerjasama dengan aparat TNI,Polri,Dinas Kesehatan dan Satpol PP untuk memutus mata rantai Covid-19. Sementara, kami laksanakan satu hari ini sembari menunggu perkembangan dan persediaan alat dari Dinas Kesehatan. Jika memungkinkan akan diadakan secara periodik terutama menjelang arus mudik Nataru 2021,” tambahnya.