Dua Pedukuhan Rawan Longsor

by
Untung

KAJEN – Dua pedukuhan di Desa Gembong Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, yakni Dukuh Kerikil dan Karisan, rawan longsor saat musim hujan. Pasalnya, kedua pedukuhan itu lokasinya di perbukitan.

“Ada dua dusun yang rawan bencana, yakni Dusun Kerikil dan Karisan. Rumahnya kebanyakan di tebing seperti terasiring,” ujar Kepala Desa Gembong, Untung, kemarin.

Selama musim hujan, ia selalu mewanti-wanti warganya untuk waspada terhadap bencana alam, terutama longsor. Dikatakan, jika pada sore hari turun hujan lebat dan berlangsung lama, maka warga diimbau untuk lebih waspada dan mengamankan diri ke tempat yang lebih aman. “Jika sore hari hujan lebat dan ndak reda-reda, untuk segera mengamankan diri. Barangkali ada hal-hal yang tidak kita inginkan dan tak terduga. Saya selama ini selalu woro-woro itu,” kata dia.

Dikatakan, sejak kejadian longsor baru-baru ini, ia selalu memantau keadaan di dua pedukuhan yang dinilai rawan longsor tersebut. “Sejak ada kejadian pada hari Minggu itu, sejak saat itu saya pantau terus perkembangannya,” ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, akibat diguyur hujan dengan intensitas tinggi, tebing di Dukuh Karisan RT 011 RW 005, Desa Gembong, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan longsor, Minggu (13/12/2020) dini hari. Akibatnya, dinding rumah milik Tasmad (30) jebol dihantam tanah longsoran. Lima penghuni rumah saat ini mengungsi di rumah kerabatnya. (had)