#IkiCakWir, Oleh-oleh baru di Santika Pekalongan

by
Lounching - Lounching oleh-oleh baru Hotel santika Pekalongan, Iki Cak Wir atau Ikan Cakalang Suwir, Rabu (23/12/2020).

PEKALONGAN – Mengusung konsep #dipekalonganaja, Hotel Santika Pekalongan suguhkan makanan khas, yang tentunya dinantikan pecinta kuliner dan para tamu hotel santika Pekalongan. Ini dia, Iki Cak Wir atau Ikan Cakalang Suwir, oleh-oleh baru di Santika Pekalongan selain Iki Pie dan Ono Kopi. Resmi dilounching jadi tambahan oleh -oleh khas Pekalongan, Rabu (23/12/2020).

Terinspirasi dari hidangan terfavorit, pilihan para tamu yang menginap di Santika Pekalongan. Telah hadir hidangan lezat dari olahan ikan cakalang ini menjadi alternatif oleh-oleh saat berkunjung ke Kota Pekalongan.

Agung Susanto General Manager Hotel Santika Pekalongan, saat lounching menuturkan Iki Cak Wir adalah tambahan koleksi oleh-oleh di Hotel Pekalongan yang mana sebelumnya telah memiliki ono kopi.

“Kreasi makanan ini berupa ikan Cakalang Suwir, megingat ikan tersebut mudah ditemukan di Kota Pekalongan karena memang dijalan pantura yang banyak penghasil ikan jadi kami ingin membuat ikan cakalang suwir, jadi ikan ini sudah tidak ada durinya. Bisa siap makan,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Chef Wili menjelaskan bahwa satu paket Iki Cak Wir terdiri dari ikan cakalang 175 gram yang sudah kita panggang dengan menggunakan rempah-rempah untuk menghilangkan bau amis dari ikan tersebut.
Tidak perlu repot memisahkan duri-duri saat menikmati olahan ikan cakalang. Karena Iki Cak Wir sudah di suwir-suwir tanpa duri dan siap dihidangkan.

Lengkap dengan tambahan sambal, dengan pilihan rasa favorit, antara lain sambal matah, sambal ijo dan sambal balado. Iki Cak Wir praktis disantap langsung atau jadi oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Sementara untuk kemasannya, dikemas dalam kemasan terpisah dengan sambal, ini dilakukan supaya untuk menambah lama kekuatan dari Ikan tersebut, sehingga saat dikonsumsi, sambalnya tinggal tercampur.

“Untuk proses penyimpanan sendiri, di Kulkas bisa tahan sampai 5 hari. Kemudian untuk kesegaran, kita menggunakan pilihan bahan-bahan fress dan alami untuk menjaga kesegaranya,” imbuhnya.

Untuk harga relatif murah untuk 175 gram atau paket single hanya Rp40.000 ribu sedang , paket double sendiri Rp80.000 ribu.

“Untuk pemesanan, bisa langsung ke hotel untuk pembelian, jika pembelian dalam jumlah banyak bisa reorder terlebih dahulu,”pungkasnya.

Ditambahkan, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Pekalongan, Sutarno, pihaknya bangga dengan #dipekalonganaja, tunjukkan kota pekalongan optimis kedepan. Harapanya tentu mampu menarik masyarakat atau luar datang ke pekalongan, sehingga mampu meningkat kesejahteraan warga pekalongan sendiri.

“Karena bila wisatawan datang ke pekalongan maka multiplayer efeknya tinggi, dimana mereka datang pasti kuliner disini, beli oleh -oleh hingga belanja disini. Meski industri pariwisata sempat menurun namun demikian tidak usah takut yang penting tetap patuhi protokol kesehatan yang lebih utama terlebih dahulu, “tutup Sutarno. (Adv/ap3)