Puluhan Bumil Tarpapar Covid-19

by
Setiawan Dwiantoro, Kepala Dinkes Kabupaten Pekalongan

*Dinkes Tambah Ruang Persalinan

KAJEN – Puluhan ibu hamil (bumil) di Kabupaten Pekalongan terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk itu, Dinas Kesehatan akan menambah ruang persalinan khusus bumil reaktif dan positif di Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) Wonokerto.

Berdasarkan data di Dinkes, pada bulan Desember ini ada 145 bumil yang menjalani swab test. Hasilnya, ada 40 bumil yang positif Covid-19.
Sebaran bumil terkonfirmasi positif Covid-19 terbanyak di Puskesmas Kedungwuni II dengan 11 kasus. Disusul Puskesmas Wiradesa ada tujuh kasus, dan Puskesmas Wonopringgo dan Puskesmas Kedungwuni I masing-masing 4 kasus. Lainnya menyebar di sejumlah Puskesmas dengan jumlah kasus bumil positif Covid-19 satu hingga dua orang.

Sementara itu, data pada bulan November, dari delapan bumil yang di-swab, semuanya positif. Pada bulan Oktober, dari 196 bumil yang menjalani swab test, ada 11 yang terpapar virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwiantoro, Rabu (23/12/2020), mengatakan, bumil yang memasuki masa kelahiran dilakukan tracking untuk pemeriksaan ibu hamil, termasuk pemeriksaan rapid dan swab. Tujuannya, pada saat memasuki usia persalinan atau HPL sudah dekat sudah siap untuk rujukannya. “Untuk kita identifikasi kondisi ibu hamil tersebut,” kata dia.

Langkah itu merupakan upaya deteksi dini sejak awal. “Sekarang sudah banyak ibu hamil yang sudah kita lakukan pemeriksaan itu,” ujar dia.