Jelang Nataru, Dishub Cek Kelaikan Armada

by
CEK ARMADA - Petugas dari Dishub saat mengecek kondisi armada di Terminal Tipe A Kota Pekalongan jelang momen libur Natal dan Tahun Baru.

KOTA – Dinas Perhubungan (Dishub) bersama instansi terkait melakukan kegiatan ramp check terhadap seluruh armada yang ada di Terminal Tipe A Kota Pekalongan.

Kepala Dishub Kota Pekalongan, Slamet Prihantono mengungkapkan, penyelenggaraan armada Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan saat ini masih dihadapkan dengan situasi pandemi Covid-19, sehingga diperlukan upaya lebih tidak hanya untuk menjamin keselamatan dan kesehatan penumpang dan awak armada, juga untuk menjamin keselamatan dan kesehatan petugas dan posko terminal, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mengurangi resiko penyebaran Covid-19.

“Kegiatan ramp check yang kami lakukan rutin ini bertujuan untuk mengintensifkan koordinasi semua stakeholder terkait sekaligus monitoring kesiapan operasional sarana dan prasarana serta seluruh fasilitas pendukungnya terutama yang berkaitan dengan keselamatan dan keamanan transportasi terutama jelang momen libur Natal dan Tahun Baru 2021 mendatang,” tutur Totok, sapaan akrabnya.

Menurut Totok, pada kegiatan tersebut menyasar 13 armada bus dari 2 PO bus yang ada di Terminal Tipe A Kota Pekalongan. Dari hasil pemeriksa tersebut, semua armada bus tersebut laik jalan baik dari segi rem, klakson, lampu, ban dan bagian lainnya. Selain menyasar armada angkutan orang dan barang di terminal, kegiatan tersebut juga menyasar di sejumlah fasilitas umum lainnya seperti stasiun, pelabuhan, pasar dan lokasi lainnya.

“Kami berharap masyarakat bisa menunda mudik maupun melakukan perjalanan jauh supaya tidak ada kluster baru di momen Nataru ini. Jikalaupun mengharuskan mudik atau perjalanan jauh, tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku seperti wajib memakai masker atau faceshield, rajin mencuci tangan, menjaga jarak aman dan cek kesehatan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh ataupun mudik. Sehingga, perjalanan tetap aman,nyaman,sehat dan tidak menularkan kepada sanak saudara atau anggota keluarganya di rumah maupun orang disekitarnya,” pungkasnya.(nul)