Tak Punya Uang untuk Mudik, Pemuda Ini Nekat Sebrangi Laut dengan Berenang

by
Dedik Purnomo nekat berenang di Teluk Balikpapan tujuan Malang karena tidak punya uang. (Foto: Istimewa/ngopibareng)

Tak punya uang untuk balik ke kampung halaman lantaran tak punya pekerjaan, seorang pemuda di Balikpapan nekat berenang dengan mengikat tubuhnya dengan dua galon air mineral.

Pemuda itu bernama Dedik Purnomo. Dia berharap, usahanya menyebrangi Teluk Balikpapan mampu mengantarnya sampai ke tempat tinggalnya di Desa Putuk Rejo RT 005 RW 005 Desa Kemantren, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Namun, baru tiga jam mengapung di laut, pria 27 tahun tersebut akhirnya diselamatkan polisi setempat, pada Rabu 16 Desember 2020. Korban sudah mengambang sekira 300 meter dari dermaga Pelabuhan Chevron Semayang, Balikpapan.

Aksi nekat Dedik ini diketahui usai warga melihat korban mengapung di Teluk Balikpapan, persis di Pelabuhan Chevron Balikpapan Kota. Melihat itu, warga langsung berteriak dan mengatakan ada korban tenggelam. Personel Polsek Pelabuhan Semayang, yang mendapat informasi pun langsung melakukan evakuasi menggunakan speed boat.

Polisi kemudian mengevakuasi korban untuk diberi pertolongan medis. Kemudian dibawa ke daratan dan selanjutnya dibawa ke kantor Polsek Pelabuhan Semayang, untuk dilakukan pemeriksaan. Pihak kepolisian berniat membantu untuk membelikan tiket kepada korban.

“Kalau memang akan dipulangkan, akan kami bantu membelikan tiketnya,” ujar Kapolsek Pelabuhan Semayang, AKP Retno Ariani. (ngopibareng)