Cuaca Ekstrem, Waspadai Tanah Longsor

by
LONGSOR - Petugas gabungan tengah menyingkirkan material tanah yang menutup jalan penghubung Lebakbarang - Paninggaran.

KAJEN – Bagi masyarakat yang tinggal di daerah dataran tinggi agar waspadai bencana tanah longsor mengingat cuaca ektrem yang melanda wilayah Kota Santri dalam beberapa hari terakhir. Bencana tanah longsor sudah beberapa kali terjadi. Diantarnya melanda pemukiman warga dan juga sempat menutup jalan penghubung Karanganyar-Lebakbarang.

Bencana tanah longsor tercatat melanda wilayah Kecamatan Kandangserang, Petungkriyono, dan juga Blok Pawuhan Desa Mendolo Kecamatan Lebakbarang. Akibat tanah longsor tersebut, jalan sepanjang 15 Meter tertutup material longsor hingga jalan tidak bisa dilalui.

“Tanah longsor terjadi malam hari setelah wilayah Kecamatan Lebak Barang diguyur hujan lebat berjam-jam, ” kata warga Desa Lebakbarang, Sarono.

Merespon kejadian itu, anggota TNI Polri dan BPBD langsung menurunkan alat berat untuk menyingkirkan material tanah yang menutup jalan sehingga akses dapat segera dilalui warga setempat.

Kapolres Pekalongan AKBP Darno bersama dengan Dandim 071/Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan, juga menyempatkan diri meninjau langsung perbatasan Kecamatan Karanganyar dengan Kecamatan Lebakbarang.