Ingat, Pembagian Rapor Harus Sesuai Prokes

by
PENJELASAN - Kabid Dikdas Disdikbud Batang, Sumanto, saat memberikan penjelasan soal kebijakan pembagian rapor di masa pandemi Covid-19.

BATANG – Usai pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS), pembagian rapor menjadi salah satu agenda yang terjadwal dalam kalender akademik. Dalam suasana di tengah pandemi Covid-19, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang memperbolehkan pembagian rapor secara luring. Meski begitu, diharapkan pembagian rapor yang diambil secara langsung ke sekolah bisa dilakukan sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

“Sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Covid -19, dalam setiap kegiatan sekolah harus diterapkan prokes. Salah satunya pembagian rapor. Jika menghadirkan orang tua siswa maka untuk diatur sedemikian rupa sehingga tidak terjadi kerumuman,” ujarnya saat diwawancarai, Rabu (16/12/2020).

Pihaknya juga berharap sekolah memastikan bahwa orang tua yang hadir dalam keadaan sehat, tidak tertular Covid-19, atau sedang dalam menunggu hasil SWAB. Sehingga kedatangan orang tua tidak menimbulkan keresahan bagi sesesama orang tua ataupun guru yang ada di sekolah.

Pihaknya juga memperbolehkan sekolah jika memiliki cara lain untuk membagikan rapor, asalkan rapor dibagikan sesuai dengan protokol kesehatan. Khususnya terkait penerapan 3M, seperti memakai masker, menjaga jarak serta mencuci tangan dengan sabun.

“Bagi yang di sekolah mungkin nantinya harus diatur jaraknya agar tidak kerumunan. Jam kedatangan orang tua pun bisa dijadwalkan sehingga ketika hadir di sekolah tidak menumpuk. Yang jelas kami tidak melarang pembagian rapor di sekolah, asal dilaksanakan sesuai Prokes. Karena kami juga paham kondisi di masing-masing sekolah berbeda-beda,” pungkasnya. (nov)