14 Desa Rawan Bencana Alam

by
RAWAN LONGSOR - Pemukiman di Kecamatan Kandangserang berada di wilayah perbukitan, sehingga sebagian besar rawan longsor saat musim hujan.

KANDANGSERANG – Seluruh desa atau sebanyak 14 desa di Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, masuk kategori rawan bencana longsor dan tanah bergerak selama musim hujan.

Bencana longsor kemarin telah terjadi di Desa Garungwitoro dan Gembong. Dua rumah rusak akibat bencana longsor itu, dan ratusan rumah lainnya terancam.

Sementara itu, bencana tanah gerak terjadi di Desa Klesem dan Bodas. Puluhan rumah warga rusak. Tanah gerak juga menghancurkan lahan pertanian di dua desa itu.

Camat Kandangserang Sutanto Hadi, kemarin, mengatakan, pihak kecamatan sudah mengimbau kepada masyarakat melalui pemerintah desa agar warga bergotong-royong menutup rekahan tanah, membetulkan tanah-tanah yang miring, dan mengedukasi masyarakat agar lebih berhati-hati.

Menurutnya, hampir semua desa atau 14 desa di Kecamatan Kandangserang rawan bencana tanah longsor dan tanah gerak, karena lokasinya berada di wilayah pegunungan.