Antisipasi Libur Nataru, Sejumlah Jalur Alternatif Disiapkan

by
RAPAT KOORDINASI - Dinas Perhubungan Kota Pekalongan menggelar rapat koordinasi FLLAJ bersama instansi terkait mengantisipasi momentum libur Natal dan Tahun Baru.

KOTA – Dinas Perhubungan Kota Pekalongan menyiapkan sejumlah jalur alternatif dalam rangka mengantisipasi jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Pekalongan dalam momentum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala Dinas Perhubungan, Slamet Prihantono dalam rapat koordinasi FLLAJ yang digelar Rabu (16/12/2020), memaparkan beberapa jalur alternatif yang sudah disiapkan. Yakni jika terjadi penumpukan dari arah barat, titik jalur alternatif pertama pertama masuk melalui Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Kemakmuran, Jalan Manggis, Jalan Blimbing hingga ke Jalan Seruni.

Kemudian alternatif kedua yakni dipotong di Jalan Imam Bonjol diarahkan langsung ke Jalan Manggis, Jalan Blimbing, Jalan Jeruk, Jalan Semarang hingga tembus ke Jalan Seruni. Untuk alternatif ketiga yakni jika terjadi kemacetan di ujung kota sebelah timur, maka akan dipotong di Jalan Agus Salim dan diarahkan ke utara masuk ke Jalan Melati, sampai ke Jalan Seruni.

“Sedangkan untuk arah arus balik dari arah timur akan diarahkan masuk ke exit tol kemudian sampai ke Warungasem, Jalan Raya Gapuro, Kertoharjo sampai tembus ke Jalan Urip Sumoharjo, Ponolawen dan masuk ke Jalan Wilis. Alternatif kedua, jika di Jalan Wilis penuh maka akan dilewatkan Bina Griya. Ketia dari Teminal akan diarahkan ke utara masuk ke Jalan Raya bAros, tembus ke Jalan Seruni sampai ke Simpang Lima, Jalan Imam Bonjol hingga ke THR dan ke arah Jakarta,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Totok, sapaan akrabnya, juga memaparkan mengenai grafik kendaraan yang melintas dalam momen libur Nataru pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2017 ke 2018, ada kenaikan 11,40%. Kemudian di tahun berikutnya, juga terjadi kenaikan yang hampir sama yaitu 11%. “Sedangkan untuk tahun ini, kami prediksi terjadi banyak penurunan karena adanya pandemi Covid-19 yang terjadi secara nasional,” jelasnya.