Kasus Covid Tinggi, Pengobatan Terapi Plasma Dilirik

oleh -
DONOR - Sejumlah warga Batang mendonorkan darahnya melalui PMI Batang.

*PMI Batang Butuh Mesin Apheresis Plasma Konvalesen

BATANG – Hingga kini tercatat sudah ada sekitar 1.732 kasus covid-19 terkonfirmasi di Batang. Dengan jumlah kasus yang meningkat tiap harinya, terapi plasma Konvalesen menjadi salah satu upaya pengobatan untuk pasien Covid-19. Sayangnya di Batang belum ada pihak yang dapat melaksanakan donor plasma Konvalesen.

Plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien covid-19 yang telah sembuh, kemudian diproses diberikan kepada pasien yang terinfeksi virus corona.

Hal tersebut pun sudah dilakukan di berbagai rumah sakit ataupun Unit Transfusi Darah PMI di Indonesia dan tidak sedikit pula banyak pasien yang sembuh dari Covid-19.

Namun tidak semua UTD PMI di Indonesia yang memiliki mesin apheresis, termasuk salah satunya PMI Batang. Oleh karenanya PMI Kabupaten Batang masih membutuhkan mesin Apheresis Plasma Konvalesen, untuk melayani donor terapi plasma Konvalesen.

“Di Indonesia saja baru ada 15 unit transfusi darah (UTD) yang sudah memiliki mesin tersebut. Sedangkan di Jawa Tengah yang bisa melakukan plama konvalesen yakni PMI Semarang, Surakarta dan Banyumas,” terang Wakil Ketua II Bidang Pelayanan Sosial Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Batang, Putut Husamadiman, saat diwawancarai melalui ponsel, Rabu (16/12/2020).