409 Jiwa Terdampak Bencana Tanah Gerak

by
TANAH GERAK - Bencana tanah gerak berdampak pada rusaknya 95 rumah di Dukuh Bodas 1 dan 2 di Desa Bodas, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan.

KANDANGSERANG – Bencana tanah gerak di Desa Bodas, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan berdampak pada 95 rumah di Dukuh Bodas 1 dan Bodas 2. Jumlah warga yang terdampak bencana itu mencapai 409 jiwa.

Kades Bodas, Wasgito, Selasa (15/12/2020), mengatakan, total lahan yang terdampak bencana tanah gerak di desanya sekitar 30 hektar. Dari total lahan tersebut, untuk lahan pertanian yang terdampak sekitar 5 hektar.

“Rumah yang terdampak mencapai 95 rumah di Dukuh Bodas 1 dan Bodas 2. Jumlah warga yang terdampak 409 jiwa,” terang dia.

Perangkat Desa Bodas, Handoyo, menerangkan, akibat bencana geologi tersebut, puluhan rumah mengalami retak pada lantai dan dinding. Menurutnya, di Desa Bodas terjadi tanah gerak dan tanah longsor pada hari Senin (14/12/2020), sekitar pukul 10.00 WIB. Tanah longsor, kata dia, terjadi di area persawahan dan jalan. Di area persawahan kurang lebih 5 hektar terdampak longsor.

Sedangkan, lokasi tanah gerak berada di Dukuh Bodas 1, di antaranya di RT 1 dan RT 2, dan di Dukuh Bodas 2, tepatnya di RT 3.

“Total ada sekitar 95 rumah yang terdampak dari bencana tersebut,” kata Handoyo.