Batang-Banjar Negara Siap Kolaborasi Promosikan Tol Kahyangan Batang-Dieng

by
TUKAR CINDERA MATA - Kabag Humas Batang Triossi saat bertukar cindera mata dengan Kepala Dinkominfo Banjarnegara.

BATANG – Pemkab Batang bersama PWI Kabupaten Batang melaksanakan studi banding ke Diskominfo Banjanegara, Jumat (11/12/2020). Dalam kunjungan ini salah satu yang dibahas terkait dengan potensi jalur Tol Kahyangan Batang-Dieng yang saat ini tengah viral. Kedunya sepakat untuk bisa berkolaborasi mempromosikan wisata yang ada di jalur Dieng bagian Utara ini.

“Semula memang kebanyakan akses ke Dieng lebih banyak melewati Wonosobo. Tetapi ketika sekarang viral jalur Tol Kahyangan, banyak yang beralih, khususnya yang datang dari Pantura lebih memilih melewati Bawang Batang. Sehingga perlu banyak digali potensinya dan tentunya harus didukung promosinya,” jelas Kepala Dinkominfo Banjarnegara, Riono Rahadi Prasetyo.

Pihaknya juga berharap ke depan, kedua pemerintah daerah tidak hanya bersemangat untuk mempromosikan potensi wisata jalur Dieng-Batang ini saja. Tetapi perlu adanya penataan kawasan agar tampak lebih indah lagi.

“Jangan sampai keindahan pemandangan alam jalur Tol Kahyangan malah tertutupi dengan hal-hal lain, yang mungkin bahkan terkesan kumuh. Oleh karenanya ke depan harus ada penataan kembali, baik dari Banjarnegara maupun Batang sehingga jalur tersebut masih menjadi alternatif pilihan masyarakat,” harapnya.

Kepala Bagian Prokompim Setda Batang, Triossi Juniarto menjelaskan, di tingkat masyarakat, baik masyarakat Banjarnegara dan Batang sudah berkolaborasi dalam mempromosikan potensi kawasan Tol Kahyangan Bawang-Dieng. Hal ini salah satunya dilakukan oleh komunitas Jeep Bawang-Dieng yang bahkan sudah memiliki banyak agenda dan paket tur.

“Sebagai tetangga, kami saling sharing terkait dengan perkembangan informasi yang ada di daerah masing-masing. Selain itu kami juga tadi membahas terkait promosi wisata di jalur Dieng-Bawang. Dan kita gandeng rekan-rekan wartawan juga untuk bisa semakin mengangkat potensi Jalur Bawang-Dieng,” pungkas Plt Kepala Diskominfo Batang itu. (nov)