Antisipasi Bencana, Siaga Sejak Dini

by
MONITORING - BPBD Kota Pekalongan rutin melakukan monitoring ke titik rawan bencana setiap hari sebagai langkah antisipasi dan deteksi dini bencana di Kota Pekalongan.

KOTA – Memasuki musim penghujan, BPBD Kota Pekalongan mulai bersiaga untuk mengantisipasi segala kemungkinan dan potensi terjadinya bencana di Kota Pekalongan.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kota Pekalongan, Saminta mengatakan, beberapa langkah yang dilakukan BPBD untuk antisipasi yakni memperkuat koordinasi antar satuan tugas. Selain itu, BPBD juga terus berkoordinasi dengan camat dan lurah untuk mendapatkan informasi terkini di seluruh wilayah.

“Koordinasi internal kami lakukan, personil dikerahkan melakukan monitoring rutin ke titik – titik rawan bencana setiap hari. Kami bagi tiga shift sehingga monitoring pagi, siang, dan malam ada,” jelas Saminta.

BPBD dikatakan Saminta juga terus memantau prakiraan cuaca dari BMKG. Informasi terkini terkait cuaca, juga selalu disebarkan ke grup penanggulangan bencana. “Kami selama ini update cuaca bersumber dari informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Kami share informasi ke grup Penanganan Bencana Kota Pekalongan,” terang Saminta.

Selain itu, untuk deteksi dini kebencanaan pihaknya melakukan koordinasi dan monitoring dengan petugas pengairan di hulu sungai yang menuju Kota Pekalongan, salah satunya di Bendungan Asem Siketek. Meskipun bencana bisa terjadi kapanpun Saminta berharap Kota Pekalongan dapat terhindar dari bencana. “Jika banjir atau rob terjadi kami pun akan tetap siaga,” pungkas Saminta.(nul)