Wujudkan Pendidikan Karakter Lewat Lab Karakter

by -
DOK - Kegiatan belajar mengajar SD Islam Al Azhar 60, siswa terlihat serius mengikuti instruksi sebelum pandemi.

KOTA – Laboratorium Karakter (Lab Karakter) adalah salah satu media pengembangan pendidikan, yang dicetuskan oleh Bidang Pendidikan Yayasan Sigma Mutiara Bunda, yang membawahi TK Islam Al Azhar 63 dan SD Islam Al Azhar 60. Lab Karakter tersebut akan memberikan pendidikan yang lebih komprehensif serta bermakna kepada siswa, baik dari segi afektif, kognitif maupun psikomotorik.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Yayasan Sigma Mutiara Bunda, Kadaryanto kepada Radar Pekalongan, Selasa (8/12/2020).

“Lab karakter ini nantinya akan memberikan kemudahan bagi para guru untuk mengembangkan pembelajaran berbasis karakter, pengembangan qurani serta budaya lokal,” imbuhnya.

Apalagi ia melihat, bahwa pendidikan saat ini jauh dari budaya bangsa, sehingga perlu adanya wahana ekspresi dan eksplorasi untuk mengenal nilai-nilai luhur bangsa.

“Kalau kita nanti akan buat kebun religi, salah atau dari lab karakter, anak-anak akan diminta menanam dan mengambil hikmah dalam setiap prosesnya. Jadi mereka belajar dengan proses yang nyata,” ucap Kadaryanto.

Ia berharap, lab karakter bisa berjalan dengan baik, kalau guru bisa menjadi teladan bagi siswa pendidikan bisa bermakna dunia dan akhirat serta membentuk anak yang memiliki keahlian teknologi, memiliki keimanan yang kokoh serta memiliki Budi pekerti yang luhur. (mal)