Warga Diingatkan untuk Mewaspadai Bencana Alam dan Penyebaran Covid-19

by
Wabup Suyono melihat-lihat barang milik warga yang berhasil diselamatkan dari kebakaran.

Batang – Memasuki musim penghujan dengan intensitas hujan cukup lebat seperti akhir-akhir ini, masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaanya. Pasalnya, hujan disertai angin cukup kencang bisa memicu terjadinya bencana alam.

“Kita tidak akan pernah tahu kapan musibah itu akan datang. Karena itu, kewaspadaan harus selalu kita jaga, terutama pada musim penghujan seperti sekarang ini,” ujar Wakil Bupati Batang, Suyono disela-selq peninjauan dan penyerahan bantuan untuk warga yang rumahnya kebaran di Desa Adinuso, Kecamatan Reban, Sabtu (05/12/2020).

Wabup Suyono menjelaskan, sejumlah wilayah di Kabupaten Batang rawan mengalami bencana alam pada saat musim penghujan. Untuk wilayah Selatan, ancaman musibah longsor mengancam sejumlah desa yang memiliki kontur tanah perbukitan. Sedangkan untuk daerah selatan, ancaman banjir hampir terjadi setiap tahun.

“Untuk tahun ini ancaman yang dihadapi masyarakat jauh lebih berat, karena selain bencana alam, juga penyebaran Covid-19 yang hingga kini masih terus terjadi, bahkan jumlahnya terus meningkat. Karena itulah, saya berharap masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan demi kebaikan bersama minimal rajin mencuci tangan, memakai masker dan menghindari kerumunan yang berpotensi terjadi penyebaran virus ini. Selain itu juga saling gotong royong, peduli jika terjadi musibah disekelilig kita, tingkatkan persatuan dan kesatuan, dan tetap berikhtiar agar diberi kesehatan,” jelas Suyono.

Terkait musibah kebakaran yang sering terjadi akibat konsleting listrik, Wabup Suyono himbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati dalam pemasangan instalasi listrik. “Pastikan bahwa yang memasang memang sudah ahli dalam bidangnya, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tandas Suyono. (don)