Saatnya Perpusdes Bertransformasi menjadi Berbasis Inklusi Sosial

by
VIRTUAL MEETING - Peserta Peer Learning Meeting Nasional dari Batang saat mengikuti kegiatan di ruang audio visual Perpustakaan Daerah Batang.

BATANG – Sebanyak 10 perwakilan Perpusdes di Batang mengikuti Peer Learning Meeting (PLM) Nasional yang digelar Perpusnas RI, Rabu (2/12/2020) di ruang audio visual Perpustakaan Daerah Batang. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan literasi. Harapannya, setelah ini perwakilan Perpusdes Batang turut serta mewujudkan transformasi tersebut di wilayah Batang.

Dalam kesempatan ini, kegiatan dilaksanakan secara virtual untuk mengurangi resiko transmisi Covid-19. Peserta pun secara virtual mengikuti kegiatan seperti dengan menonton film, permainan games, dan juga program sharing dan diskusi. Pelaksanaan kegiatan ini juga turut menerapkan 3M.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas SDM melalui kemampuan literasi yang meningkatkan kreatifitas masyarakat dan mengurangi kemiskinan akses informasi,” jelas Kepala Disperpuska Batang, Rakhmat Nurul Fadilah, saat diwawancarai di sela-sela kegiatan.

Dijelaskan, kegiatan ini nantinya turut serta mengajak perpustakaan tak hanya sebagai wadah untuk mencari referensi. Tetapi perpustakaan bisa menjadi tempat pemberdayaan bagi masyarakat. Sehingga masyarakat tak sekadar membaca, tetapi juga dapat belajar dan praktik terkait aneka life skill. Pemberdayaan inilah yang nantinya diharapkan turut mendukung peningkatan taraf sosial yang ada pada masyarakat.

“Sejauh ini perpustakaan di Batang, sudah banyak di antaranya yang melaksanakan konsep seperti ini. Walaupun belum sempurna, insya Allah kami siap belajar dan bertransformasi sehingga bisa menjadi pusat literasi dan pembelajaran masyarakat,” pungkasnya. (nov)