Pandemi, Jangan Lupa Deteksi Dini Kesehatan

by
PEMERIKSAAN - Pemeriksaan deteksi dini gula darah warga Desa Pegaden Tengah di kegiatan Posbindu Desa, Kamis (3/12/2020).

PEKALONGAN – Di tengah pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan berakhirnya, kegiatan rutin Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) menjadi penting dalam upaya mendeteksi dini kesehatan masyarakat.

Seperti dilakukan di Desa Pegaden Tengah, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Kamis (3/12/2020), kegiatan Posbindu tetap dilangsungkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Semua yang datang harus pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Bahkan untuk kader juga pakai sarung tangan. Peralatan di sini juga dipastikan steril, demi keamanan bersama,” ungkap Bidan Desa Pegaden Tengah, Lutfia Rosyada, di sela kegiatan Posbindu, Kamis (3/12/2020) di balai desa setempat.

Posbindu sendiri berfungsi sebagai pendeteksi dini penyakit tidak menular, misal hipertensi. Pelayanannya meliputi cek tensi darag, berat badan, gula darah, dan kolesterol. “Kalau ada yang hipertensi misalnya, nanti kita rujuk ke puskesmas,” ujar Lutfia.

Di masa pandemi ini, lanjut dia, deteksi dini penyakit menjadi penting guna mengurangi risiko fatal saat terpapar Covid-19. “Kami juga mengimbau warga untuk menjaga pola makan yang seht, konsumsi vitamin, dan sebisa mungkin kurangi aktivitas di luar rumah,” pesannya. (ap3)