Santri Antusias Mengaji di Tengah Pandemi

by
NGAJI - Salah satu siswa saat melaksanakan bimbingan ngaji.

BATANG – Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat santri dan siswa SMP PMS Subah. Hal ini salah satunya terlihat dari program bimbingan mengaji yang dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan.

“Pondok Modern Selamat Batang santriwan dan santriwati wajib mengikuti kajian mengaji setiap sore yang di dampingi oleh Bapak dan Ibu Guru Pembimbing. Di saat pandemi kegiatan masih rutin dijalankan, tetapi dengan tetap menggunakan protokol kesehatan, sebelumnya siswa diharuskan cuci tangan, memakai masker dan juga menjaga jarak,” terang Kepala SMP PMS Subah, Sri Hartinah, Kamis (3/12/2020).

Dijelaskan, Pondok Pesantren Modern Selamat Batang memiliki program unggulan yaitu Tahfidzul Quan, di mana para santrinya harus mampu menghafal minimal Juz 30. Setiap hari santri di PM Selamat Batang sembari menunggu kloter masuk pembelajaran mereka diwajibkan membaca Al-Quran dan setoran hafalan kepada guru pembimbing.

“Karena para santri memiliki target pencapaian agar nantinya bisa mengikuti Wisuda Tahfidz Quran yang dilaksanakan dua periode dalam satu tahun, ” imbuhnya.

Selain itu, Al-Quran juga sebagai sumber segala ilmu pengetahuan. Sehingga dengan isi kandungannya, para santri dapat mempelajari keajaiban alam semesta untuk dimanfaatkan bagi kemaslahatan manusia.

“Jangan malu untuk belajar dan mempelajari Al-Qur’an karena Sebaik-baik diantara kita adalah yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya. Tentunya jangan lupa terus terapkan protokol kesehatan sehingga bisa meminimalisir penyebaran covid-19,” pungkasnya. (nov)