Panelis Angkat Isu Faktual Proyek Strategis Nasional

by
DEBAT PUBLIK - KPU Kendal menggelar debat publik putaran kedua pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kendal 2020, di Gedung DPRD Kendal, Rabu (2/12/2020).

**Debat Publik Putaran Kedua Pilkada Kendal 2020

KENDAL – Beberapa proyek strategis nasional (PSN), seperti KIK, harbour tol, pembangunan bendungan Bodri dan pengembangan industri berbasis baja di Kabupaten Kendal menjadi salah satu pertanyaan isu faktual di debat publik putaran kedua yang digelar oleh KPU Kendal di gedung DPRD Kendal, Rabu (2/12/2020) malam.

Isu tersebut diangkat karena proyek-proyek tersebut berdampak signifikan penciptaan lapangan kerja dan pemulihan ekonomi nasional. Dibutuhkan kesiapan yang matang agar pemerintah daerah dan mayarakat Kendal memperoleh manfaat multiplayer efek dari PSN tersebut.

Debat yang disiarkan langsung di salah satu stasiun televisi swasta itu mengangkat tema, “Membangun Kendal yang Selaras dengan Kebijakan Regional dan Nasional untuk Memperkokoh Indonesia sebagai Negara Bangsa”.

Menjawanb pertanyaan tersebut, Calon Bupati nomor urut 1, Dico M Ganinduto mengatakan, proyek strategis nasional di Kabupaten Kendal yang akan dilakukan mulai 20201 ada Rp 500 triliun, dimana Rp 250 triliun akan menggunakan APBN dan setengahnya akan bekerjasama dengan swasta termasuk dengan pembangunan pabrik baja maupun pelabuhan sentralisasi Jawa Tengah maupun niaga untuk yang ada di Jateng.

“Jika diberikan amanah memimpin, kami akan permudah seluruh kebijakan yang ada di Kendal, akan terbuka dengan masyarakat dan pihak terkait, infestor untuk bisa sama-sama memastikan program nasional ini berjalan dengan lancar,” katanya.