Peringati Hari AIDS Sedunia, Dinkes Bagikan Masker kepada Pengguna Lalu Lintas

by
MASKER - Anggota Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Pekalongan saat membagikan masker dalam kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN), 27 November 2020.

Sekda menyebutkan, berdasarkan data yang dirilis dari https://corona.pekalongankota.go.id, kasus Covid-19 di Kota Pekalongan hingga per tanggal 30 November 2020 sebanyak 690 kasus terkonfirmasi positif terdiri dari 24 orang masih dirawat,100 orang isolasi, 507 dinyatakan sembuh dan 59 orang meninggal dunia.

“Terkait meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kota Pekalongan yang saat ini berada dalam zona merah, maka dari jajaran Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pekalongan akan lebih mengaktifkan gelar operasi yustisi sampai ke tingkat bawah yakni RT/RW yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini,” imbuhnya.

Dalam persiapan pilkada serentak, Sekda menegaskan bahwa dalam SDM penyelenggara pemilu ini perlu mendapat perhatian bersama. Pasalnya, dari laporan Bawaslu dan KPU setempat, ditemukan beberapa panitia yang reaktif dan harus ditindaklanjuti pelaksanaan swab agar pelaksanaan pilkada ini tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19.

“Banyaknya kasus positif ini karena kami tengah masif melaksanakan swab massal melalui kelurahan-kelurahan yang menyasar 150-200 orang per harinya. Dari peningkatan status resiko ini, kami berharap masyarakat bisa betul-betul memahami kondisi ini untuk patuh menjalankan prokes ketat, karena masih banyak masyarakat yang melanggar tidak memakai masker. Dari sisi regulasi, kami juga merencanakan meningkatkan perubahan kebijakan dari Perwal yang sudah disusun menjadi Perda mengenai Pengendalian Penyakit Menular yang insya Allah akan bisa diterapkan di tahun 2021 mendatang,” pungkasnya.(dur)