Abai Prokes, Kasus Covid-19 Melonjak

by
Sosialisasi - Sosialisasi di Desa Wonopringgo dengan tetap patuh protokol kesehatan.

WONOPRINGGO– Mengingat lonjakan kasus Covid-19 saat ini, khususnya di wilayah Kecamatan Wonopringgo, Pemdes Wonopringgo tegaskan warga patuh protokol kesehatan, salah satunya wajib menggunakan masker.

“Kondisi di sini, hasil pemeriksaan KPPS lalu ada 4 warga reaktif. Ditambah satu ibu hamil yang juga terindikasi reaktif. Sementara mereka isolasi mandiri,” ujar Kepala Desa Wonopringgo, Slamet Haryanto, Rabu (2/12/2020), di kantornya.

Menurut dia, warga yang isolasi mandiri juga tetap dipantau ketat pemerintah desa. “Swab sekarang terkendala biaya tinggi, ditambah antrean banyak yang masih harus menunggu. Sehingga swab dipilih mereka yang memiliki penyakit penyerta. Untuk warga reaktif sendiri masih isolasi mandiri sambil dipantau,” lanjutnya.

Slamet menilai lonjakan kasus Covid-19 dipicu oleh abainya masyarakat terhadap protokol kesehatan. “Kuncinya kembali lagi ke 3M. Dari pantauan kami mereka yang terpapar Covid-19 saat ini akibat tidak patuh protokol kesehatan. Minimal pakai masker, ini yang perlu sadarkan terus masyarakat, “tegasnya.

Pemdes Wonopringgo disebutnya sudah maksimal menghalau Covid-19 masuk wilayahnya. Hasilnya pun nihil kasus. “Prokes terus kita tekankan, bahkan untuk pelayanan di sini warga yang tidak pakai masker tegas saya suruh pulang,” terangnya.

Dia juga meminta warhanya tak khawatir berlebihan. Mereka yang isolasi mandiri jangan ditinggal, tapi harus disupport bersama. “Apalagi masih reaktif, belum terkonfirmasi positif,” ucapnya. (ap3)