Melestarikan Hulu, Mewariskan Kehidupan untuk Anak Cucu

by
PENANAMAN POHON - Dirut Perumda Sendang Kamulyan, Yulianto, saat melakukan penanaman pohon bersama Kodim Batang di lereng Dieng.

*Perumda Sendang Kamulyan Terus Galakkan Penghijauan di Lereng Dieng

BATANG – Tergerak oleh filosofi “Menghidupkan Kehidupan”, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Sendang Kamulyan Kabupaten Batang terus berikhtiar untuk memberikan kontribusinya bagi kelestarian lingkungan. Upaya itu diwujudkan dengan menghijaukan wilayah hulu dan ikut mengedukasi masyarakat di lereng pegunungan Dieng utara, sehingga daerah resapan air itu tetap hidup dan menghidupkan.

Dari filosofi itulah, Direktur Utama Perumda Sendang Kamulyan, Yulianto, menilai alamlah yang telah memberi kehidupan manusia. Karena itu, hidup menurutnya harus memberi arti dan bermanfaat bagi sesama mahluk dan lingkungan. Sebab, alam sangat penting artinya bagi kehidupan, dan warisan terbaik untuk anak cucu kita adalah alam yang lestari dan terjaga.

“Semoga, dengan langkah kita melakukan penanaman pohon ini bisa memberi manfaat pada pelestarian alam, dan upaya memberi warisan pada generasi penerus alam yang lestari dan terjaga,” ungkap Yulianto, kemarin.

Adapun, dalam mewujudkan filosofi itu, Perumda Sendang Kamulyan menjalin kerjasama dengan jajaran Kodim 0736/Batang. Sebanyak 10.000 pohon kopi ditanam di lereng pegunungan Dieng utara, yang masuk wilayah Kabupaten Batang.

“Ya, kami tanam 10.000 pohon kopi di lereng pegunungan Dieng utara, masuk wilayah Desa Pranten Kecamatan Bawang, dan Desa Bismo Kecamatan Blado. Selain pohon kopi, ada pula tanaman jenis beringin dan tanaman buah buahan seperti manggis dan alpukat.