Keren, SMKN 1 Warungasem Kreasikan Mesin Cuci Tangan Otomatis

by
TUNJUKKAN - Kepala SMKN 1 Warungasem bersama salah satu murid, Gigih Ardi Prayogi saat menunjukkan salah satu inovasi mereka di tengah pandemi.

*Berenergi Surya, Lebih Ramah Lingkungan

BATANG – Pandemi tidak menyurutkan semangat pelajar SMKN 1 Warungasem untuk berinovasi demi membantu mendisiplinkan penrapan 3M. Salah satunya dengan membuat alat cuci tangan otomatis yang mengandalkan tenaga surya. Bahkan inovasi ini sudah dilombakan dan berhasil mendapatkan juara 3 ajang Krenova Batang tahun 2020.

“Ini sebagai wujud respon kami untuk melihat fenomena yang ada. Di mana cuci tangan kini harus menjadi kebiasaan baru yang wajib diterapkan. Namun sebagian masyarakat masih belum bisa menerapkan cuci tangan yang benar karena terkadang masih harus menyentuh keran ataupun benda-benda lain sebelum atau saat mencuci tangan. Dengan alat ini akan meminimalisir kontak dengan hal tersebut sehingga cuci tangan bisa lebih aman dan efisien,” Jelas siswa SMKN 1 Warungasem, Gigih Ardi P didampingi Guru pendamping, Rizal Lukman, Selasa (1/12/20).

Dijelaskan, selain lebih efisien, mesin cuci tangan otomatis ini juga menggunakan energi surya sebagai tenaga operasinya, sehingga tidak membutuhkan tenaga listrik. Hal ini juga sesuai dengan anjuran pemerintah, untuk menggunakan sumber energi terbarukan. Pembuatan produk ini pun terbilang terjangkau lantaran satu produknya diproduksi dengan biaya sekitar Rp 2 juta.

Dibandingkan produk sebelumnya, alat ini lebih efektif karena cuci tangan tanpa sentuh, daya listrik tanpa PLN, ramah lingkungan karena program Go Green (energi terbarukan), bisa dipindah sesuai kebutuhan, serta praktis dan mudah diaplikasikan

Kepala SMKN 1 Warungasem, Catur Puji Raharjo berharap, inovasi ini bisa bermanfaat membantu pelaksanaan 3M di masyarakat. Selain itu, inovasi ini juga sangat bernilai ekonomi tinggi jika dikembangkan untuk bisnis. Terlebih saat ini masyarakat tengah melaksankan adaptasi kebiasaan baru yang tak luput dari kebiasaan cuci tangan.