Perwakilan Ormas Diajak Lawan Radikalisme

by
SOSIALIASI - Agung Wisnu Barata menjadi narasumber penyuluhan kontra radikalisem khusus ISIS di RM Tirta Mulya Limpung, Selasa (1/12/2020).

BATANG – Perwakilan Ormas Patriot Garuda Nusantara (PGN), diajak untuk turut melawan gerakan Radikalisme, khususnya di Batang. Hal ini seperti disampaikan Dr Agung Wisnu Barata SSos MM, dosen luar biasa UNDIP yang menjadi narasumber kegiatan penyuluhan kontra radikal kepada perwakilan ormas yang berlangsung di Rumah Makan Tirta Mulya Limpung, Selasa (1/12/2020).

Menurutnya, ada 3 jenis radikalisme yang dapat memecah belah Negara Kesatuan Indonesia. Pertama, radikal kanan dengan basis agama, yang menginginkan negara Pancasila dirubah menjadi Negara Islam.

“Kedua radikal kiri atau paham yang menginginkan negara komunis (PKI) dan yang ketiga radikal sosial demokrasi atau sering disebut paham yang ingin memisahkan diri dari negara Indonesia,” terang Agung yang juga Kepala Dispermades Batang ini.

Dijelaskanya, sebagai upaya untuk menetralisir paham-paham radikal yakni melalui pendekatan interdisipliner, seperti hukum, psikologi, agama, ekonomi, pendidikan, kemanusian dan sosial budaya. Menurutnya, tidak ada negara manapun yang melakukan penanganan radikalisme dengan cara pendekatan emosional.

“Pelaku terorisme dilihat sebagai manusia seutuhnya yang unsurnya sama dengan manusia yang lain,” kata Agung Wisnu Barata yang pernah menjabat sebagai Kepala Kesbangpol Batang ini.