2.326 Surat Suara Pilkada Rusak

by
RUSAK - Sebanyak 2.326 Surat Suara Pilkada 2020 di Gudang Logistik KPU Kabupaten Pekalongan rusak.

*) 3.533 Surat Suara Kurang

KAJEN – Sebanyak 2.326 Surat Suara Pilkada Kabupaten Pekalongan diketahui rusak. Kerusakan surat suara mulai dari sobek, gambar blur, adapula yang terdapat titik titik. Saat ini, surat suara yang rusak disimpan di Gudang Logistik KPU Kabupaten Pekalongan. Hal itu dibenarkan Sekretaris KPU Kabupaten Pekalongan, Sri Wilujeng, kepada sejumlah awak media, Selasa (1/12/2020).

Dijelaskan, kebutuhan surat suara di Kabupaten Pekalongan sebanyak 739.726. Dari total surat suara yang terkirim, ada kekurangan surat suara sebanyak 3.533. “Jadi kalau ditambah dengan surat suara rusak sebanyak 2.326, total kekurangannya ada 5.859 suara. Sementara untuk surat suara yang kurang akan dikirim hari ini (Selasa) dikirim, ” katanya.

Sri juga merinci jenis kerusakan surat suara. Kata dia, kerusakan di antaranya ada titik titik, ada yang sobek sedikit, ada yang blur gambarnya. Dengan adanya temuan kerusakan tersebut maka nantinya akan dilakukan pemusnahan.

“Untuk yang kurang dan rusak sudah kita komunikasikan ke rekanan. Sedangkan hingga saat ini persiapan pelaksanaan Pilkada insya Allah sudah mencapai 80 persen, karena ada beberapa yang belum datang seperti C Plano hologram, ” lanjutnya.

Dikatakan, untuk saat ini suara suara beberapa diantaranya masih dalam pelipatan, sedangkan untuk Alat Pelindung Diri (APD) dalam proses pebdistribusian ke kecamatan.