Habib Novel Heran Azan Diubah Jadi Seruan Jihad, Bahkan Ada yang Bawa Senjata

by
Azan diubah jadi seruan jihad, hayya alal jihad. Pojoksatu

Penceramah Habib Novel Alaydrus asal Solo heran dengan beredarnya azan diubah jadi seruan jihad.

Azan seruan jihad menggema di sejumlah daerah menjelang pemeriksaan Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab (HRS) pada Selasa (1/12/2020).

“Saya barusan mendapat pertanyaan di WhatsApp tentang video yang beredar di jejaring sosial, video yang memang aneh juga ya,” ucap Habib Novel dalam video yang dibagikan akun Twitter @AhmadBinbagir, Senin (30/11).

“Seumur hidup saya belum pernah lihat ada orang azan kok kayak gitu, azan seruan untuk sholat diganti seruan untuk jihad,” sambung Habib Novel.

Menurut Novel, Azan yang diubah menjadi seruan jihad bertentangan dengan ajaran Nabi Muhammad SAW, ajaran Bani Alawai, dan ajaran para habaib maupun para kyai.

Ia mengutip hadits yang artinya “Seorang muslim adalah dia yang umat Islam selamat dari gangguan lisan dan tangannya”.

“Karena itu, udah abaikan saja, jangan terprovokasi ajakan-ajakan yang begini nih, yang enggak mutu ini, enggak usah didengarkan,” ucapnya.

Novel mengajak umat Islam untuk menjaga dan mempererat tali persatuan dan persaudaraan.

“Kita tebarkan kasih sayang, kita saling menghormati dan saling mencintai, jangan mau terprovokasi oleh siapa pun dengan alasan apapun,” tambahnya.

Dikatakan Novel, Indonesia adalah negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia. Karena itu, dia mengajak semua pihak untuk menjaga kedamaian di negeri ini.

“Mari kita pupuk rasa saling mencintai sesama anak bangsa sehingga bangsa kita menjadi bangsa yang semakin besar dan bangsa yang semakin amkmur,” tandas Novel.

Diketahui, sehari sebelum pemeriksaan HRS, beredar video azan yang menambahkan lafal hayya alal jihad yang artinya ‘mari berjihad’.

Video azan seruan jihad menggema di beberapa daerah dan viral di media sosial.

Ada yang azan yang dilakukan di dalam masjid diikuti sekelompok pria. Adapula azan di luar ruangan. Bahkan, ada yang adzan sambil memegang senjata tajam.

Salah satu masjid yang mengumandangkan azan hayya alal jihad yakni masjid di Petamburan, Jakarta Pusat. (one/pojoksatu)