Gerak Cepat Pumdam Sendang Kamulyan Menyongsong Kawasan Industri

by
PENINJAUAN - Dirut Pumdam Sendang Kamulyan, Yulianto, saat meninjau lokasi Kawasan Industri (KI) Sigayung, Kecamatan Tulis, belum lama ini.

BATANG – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Pumdam) Sendang Kamulyan Kabupaten Batang menunjukkan respon cepat terhadap arahan Bupati Wihaji agar setiap instansi pemerintah daerah bisa mengambil peran serta dan menangkap peluang dari pengembangan dua kawasan industri. Hal itu dibuktikan dengan kesiapan perusahaan plat merah ini untuk menyuplai kebutuhan air bersih, baik di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) maupun KI Batang Industrial Park (BIP) di Sigayung, Tulis.

Dirut Pumdam Sendang Kamulyan, Yulianto SH mengatakan, para investor yang akan membangun pabrik di KITB maupun KI BIP tak perlu khawatir dengan ketersediaan air bersih nantinya. Sebab pihaknya tengah mempersiapkan pembangunan infrastruktur jaringan air bersih ke kawasan industri.

Untuk KITB, lanjut Yuli, Perumda Sendang Kamulyan bahkan telah membuat Detail Engineering Design (DED), dan melakukan kajian kajian teknis terkait air tanah dan sumber sumber mata air lainnya untuk bisa masuk ke kawasan industri, yang berada di Kecamatan Gringsing.

“Hasil kajian teknis kami menyebutkan bahwa kebutuhan air bersih di KIT Batang ini mencapai ribuan liter perdetik. Sementara ini, kami telah menyiapkan 500 liter per detik,” terangnya, belum lama ini.

Dijelaskan, kapasitas debit tersebut terdiri dari 250 liter dari mata air pegunungan. Sementara sisanya diambil dari air permukaan dengan
sistem pengolahan lengkap atau water treatmen (IPA).