Ratusan Ibu Hamil Jalani Tes Swab

by
AMBIL SAMPEL - Petugas Puskesmas Gringsing 1 mengambil sampel tes usap pada salah seoang Ibu hamil tua di wilayah Kecamatan Gringsing.

BATANG – Guna mengetahui kondisi janin yang ada dalam kandungan, ratusan Ibu hamil di Kecamatan Gringsing mengikuti serangkaian tes usap (swab) yang telah disarankan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Serangkaian tes usap yang dilaksanakan di Puskesmas Gringsing 1 itu memang sengaja dilakukan untuk melakukan tracking dan tracing terhadap orang tua dan bayi yang masih dalam kandungan supaya diketahui kondisi kesehatanmya, Sabtu (28/11/2020).

Satu persatu ibu hamil tua mendapat giliran untuk diperiksa oleh petugas dengan menggunakan APD lengkap. Pemeriksaan para Ibu hamil tersebut diprioritaskan di usia kehamilan 37 minggu untuk dilakukan tes usap dan bisa dites usap kembali pada saat usia kehamilan masuk 9 bulan atau menjelang persalinan, dikarenakan demi melindungi kondisi kesehatan ibu hamil supaya benar-benar terbebas dari Covid-19.

Diungkapkan Kristina, salah seorang ibu hamil, bahwa sebelumnya dia merasa ketakutan untuk dilakukan tes usap oleh petugas kesehatan. Namun setelah merasakannya, kata dia, tidak seperti apa yang ditakutkan, hanya merasakan perih saja saat diambil sampel liurnya di hidung.

“Baru kali pertama ini saya melakukan tes usap corona, ternyata tidak se sakit seperti yang dibayangkan sebelumnya. Saat ini saya lebih senang dan nyaman, setelah mendapatkan pemeriksaan tes usap,” ungkap Kristina.