Komisi C: Penghuni RPSBM Perlu Diberi Kesibukan

by
SIDAK - Komisi C DPRD Kota Pekalongan saat melakukan sidak ke RPSBM, Kamis (12/11/2020).

KOTA – Komisi C DPRD Kota Pekalongan melakukan sidak ke Rumah Perlindungan Sosial Berbasis Masyarakat (RPSBM), Kamis (12/11/2020). Dari hasil sidak, Komisi C meminta agar pengelola RPSBM dan Pemkot Pekalongan bisa memberikan kesibukan berupa kegiatan yang bermanfaat bagi para penghuni RPSBM.

“Saya rasa kegiatan positif juga perlu diberikan bagi para penghuni RPSBM ini. Agar mereka tidak jenuh dan bisa mengalihkan permasalahan maupun beban pikiran masing-masing. Selain itu, pembekalan ketrampilan juga perlu, agar ketika mereka keluar bisa kembali produktif, mandiri dan bisa membaur bersama lingkungan masyarakat,” tutur Ketua Komisi C, Makmur S Mustofa.

Berdasarkan laporan dari pengelola RPSBM, dikatakan Mustofa selama ini mereka sudah memberikan pelatihan ketrampilan berupa aktivitas dan pelatihan menjahit. Namun menurutnya, diperlukan pengadaan mesin jahit kembali agar dapat lebih bermanfaat dan lebih mudah digunakan bagi para penghuni.

Selain diberi kesibukan melalui berbagai kegiatan, Mustofa juga meminta agar para penghuni RPSBM juga diberikan pendampingan spiritual sehingga dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Dalam sidak tersebut, Komisi C juga meninjau kondisi fisik bangunan RPSBM. Menurut Mustofa, secara fisik kondisi bangunan RPSBM sudah termasuk representatif. “Untuk bangunan sudah sangat representatif. Apalagi ditambah adanya gedung baru khusus untuk lansia di sebelah utara gedung lama. Yang perlu diperhatikan adalah perawatanya ke depan. Yang pasti RPSBM ini perlu perhatian lebih,” pesannya.