Pandemi, Sejumlah Produksi Rumah Bermunculan

by
HOME INDUSTRI - Ditengah pandemi Covid-19, sejumlah produksi pangan rumah malah banyak bermunculan

KAJEN – Di tengah pandemi Covid -19, sejumlah produksi pangan rumah banyak bermunculan. Home industri Pangan yang kian banyak berkembang adalah roti, snack makanan ringan dan kue dari bahan lokal berbahan ketela pohon. Sebab semenjak diberlakukanya lockdown, sejumlah masyarakat memanfaatkan waktu untuk membuat makanan olahan untuk dijual secara online.

Hal itu dibenarkan Kasi Perlindungan Konsumen pada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UMKM Kabupaten Pekalongan Dewi Fabanyo, Rabu (25/11/2020).

Diakui, wabah pandemi covid-19 membuat sektor ekonomi lesu. Namun demikian ditengah tengah masyarakat ternyata banyak home industri olahan makanan yang berkembang.

“Banyak masyarakat memanfaatkan waktu dirumah untuk memproduksi kue kering dan basah. Itu sampai sekarang juga banyak yang berkembang, ” katanya.

Memang dengan munculnya home industri Pangan, lanjut dia, ada sejumlah barang seperti terigu. Kemudian blue band atau bahan dasar kue mengalami permintaan sehingga tak dapat dipungkiri menyebabkan kenaikan harga.

“Dengan munculnya produksi makanan tersebut kami terus melakukan pengawasan sehingga bahan yang digunakan sesuai. Kemudian ada batas waktu atau expayednya, ” lanjuntnya.