Jawa Tengah Dijatah 21 Juta Dosis Vaksin Covid-19

by
Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo. Rmoljateng

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menerima sekitar 21,2 juta dosis vaksin untuk Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, mengatakan jumlah tersebut rencananya dikirimkan oleh pemerintah pusat secara bertahap.

“Rencananya, yang dialokasikan untuk Jawa Tengah sekitar 21,2 juta dosis vaksin. Dikirim bertahap. Kami mengikuti saja pemerintah pusat terkait jenis dan merk vaksinnya,” kata Yulianto di Semarang, seperti dilansir RMOLJateng, Rabu (25/11).

Yulianto menambahkan, pihaknya berencana menyasar penduduk dengan rentan usia 18 tahun sampai 59 tahun, yang akan mendapatkan vaksin tersebut.

“Namun distribusinya dilakukan ke wilayah dengan sejumlah kelompok sasaran. Jadi kalau kelompok sasarannya banyak, wilayah tersebut bisa jadi dapat banyak,” terangnya.

Lebih jauh, Yulianto mengatakan Dinas Kesehatan Jawa Tengah telah menyiapkan sebanyak 1.228 unit fasilitas kesehatan untuk vaksin Covid-19.

Menurutnya, vaksin tersebut harus disimpan dalam ruangan dengan kondisi suhu -20 derajat celcius sampai -40 derajat celcius.

Sementara untuk vaksinator, Yulianto mengungkap telah terdapat 2.708 orang tenaga vaksinator.

“Nanti jumlah faskes fan vaksinatornya bisa berkembang lagi. Karena pengiriman vaksin bertahap. Jadi nanti kita akan ikuti perkembangannya ke depan. Juga soal penyimpanannya, di kota-kota kecil atau di pulau, harus kita pikirkan,” jelas dia.

Pemerintah Pusat Saat ini sedang menyiapkan program vaksinasi Covid-19. Rencnanaya vaksin didatangkan dari Cina dengan merk Sinovac. Diketahui, vaksin tersebut telah melalui uji coba fase ketiga di Indonesia. (jie/rmoljateng)