Kembangkan Life Skill Saat Pandemi, WB Rutan Rowobelang Budidaya Cacing

by
BUDIDAYA - Warga Binaan Rutan Rowobelang saat melakukan aktivitas budidaya cacing.

BATANG – Masa Pandemi ini digunakan warga binaan Rutan Rowobelang Batang untuk menempa aneka life skill. Salah satu kecakapan yang dijajal adalah budidaya cacing. Sudah sekitar dua bulan lebih, warga binaan mulai bergelut membudidayakan, salah satunya adalah Subhan dan Riono.

Dengan menerapkan protokol kesehatan keduanya setiap hari melaksanakan pembudidayaan cacing. Untuk pembudidayaan, saat ini baru masuk tahap penggemukan cacing. Nantinya sekitar dua bulan mendatang jika sesuai dengan rencana, cacing-cacing ini bisa siap dipanen dan disetorkan ke paguyuban budidaya cacing.

Meskipun belum panen, pembudidayaan cacing yang dilakukan warga binaan cukup berhasil. Lantaran dalam dua bulan ini, dari 100 kilogram bibit cacing yang disebar di 200 tong wadah, kini sudah menjadi 400 tong.

“Ada sekitar 100 kilo bibit yang kami sebar di 200 tong. Setelah kami rawat selama dua bulan ini sudah menjadi 400 tong, dan harapannya di bulan ketiga bisa menjadi 600, dan ketika panen bisa menghasilkan 800 tong,” jelas Subhan.

Diakuinya, pembudidayaan cacing ini terbilang mudah dan bernilai jual tinggi. Ia pun mengaku tak kesulitan lantaran sebelumnya sudah mendapatkan keterampilan dan pelatihan dari pegawai Rutan Rowobelang Batang.