Tak Hanya Covid-19, Penyakit Lain Perlu Diwaspadai

by
DISKUSI - Diskusi bersama warga dalam kegiatan Musyawarah Masyarakat Kelurahan(MMK) yang digelar di Aula Kelurahan Jenggot oleh pihak UPT Puskesmas Jenggot.

KOTA PEKALONGAN – Di tengah pandemi, masyarakat diminta terus menjaga kesehatannya serta mencegah potensi terjangkit penyakit, baik Covid-19 maupun penyakit lainnya. Pesan itu disampaikan Kepala UPT Puskesmas Jenggot, dr Dian Hatmitasari, saat kegiatan Musyawarah Masyarakat Kelurahan(MMK) di Kelurahan Jenggot, Jumat (20/11/2020).

“Agenda pertemuan ini membahas hasil survei mawas diri yg dilakukan 30 orang kader kesehatan pada bulan oktober 2020, menyasar 437 rumah di Jenggot. Metodenya kunjungan umah, wawancara, dan pengamatan lingkungan,” ujar dr Dian di aula Kelurahan Jenggot.

Survei meliputi pemantauan balita, ibu hamil dan nifas, kondisi rumah dan lingkungan, status imunisasi, status gizi balita, kepesertaan KB, kebiasaan merokok dan lainnya.

Adapun forum MMK ini juga mengagendakan diskusi kelompok dengan fasilitator Dian Sulanjari, Vina Rochmatul M, Herni Astuti selaku petugas promosi Puskesmas Jenggot. Kegiatan juga dihadiri tokoh masyarakat serta Lurah jenggot, Taibin.

“Ada 5 prioritas masalah kesehatan yang disepakati untuk segera diatasi dengan pemberdayaan masyarakat adalah TB paru, Covid-19, merokok, hipertensi dan diabetes mellitus,” terangnya.

Menurut dr Dian, suksesnya program kesehatan tidak lepas dari peran aktif masyarakat. “Sebab derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti genetik, lingkungan, perilaku dan pelayanan kesehatan sehingga dibutuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap perubahan perilaku yg membudayakan hidup dan lingkungan bersih dan sehat. “Karena ini masih pandemi, mari tetap disiplin terapkan 4M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” pesannya. (ap3)