Dikunjungi DPR RI, Wali Kota Ungkap Tiga Permasalahan Batik

by
CINDERAMATA - Wali Kota Pekalongan, M Saelany Machfudz saat menyerahkan cinderamata kepada perwakilan Komisi X DPR RI dalam kunjungan kerjanya di Kota Pekalongan, Jumat (20/11/2020).

KOTA – Komisi X DPR RI dari Panitia Kerja Ekonomi, melakukan kunjungan kerja Masa Persidangan II Tahun 2020-2021 ke Kota Pekalongan, Jumat (20/11/2020). Kedatangan rombongan Komisi X DPR RI disambut oleh Wali Kota Pekalongan, M Saelany Machfudz bersama jajaran pejabat dan pimpinan OPD terkait, Ketua Kadin Kota Pekalongan dan juga Perwakilan Rumah Kreatif.

Dalam paparannya di hadapan rombongan Komisi X DPR RI, Wali Kota mengungkapkan sejumlah permasalahan yang dihadapi pelaku ekonomi kreatif di Kota Pekalongan, khususnya industri batik. Diantaranya adalah permasalahan bahan baku, Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) serta permasalahan identitas batik.

“Saya kira ini sangat bermanfaat sekali, membahas terkait masalah ekonomi kreatif salah satunya masalah tentang batik. Mudah-mudahan tiga masalah yang dihadapi para pebatik ini bisa menjadi masukan bagi Komisi X DPR RI maupun Kementerian Pariwisata,” harapa Wali Kota.

Menanggapi masukan dari Wali Kota, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih mengatakan bahwa masukan tersebut akan menjadi bahan kajian bagi Panja bersama Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. “Setiap kota memiliki kelebihan masing-masing. Di Kota Pekalongan misalnya batik, produk yang dibuat dalam jumlah banyak dan ternyata merupakan Kota Kreatif Asia. Setelah ini, akan kami godok bersama dengan Kementerian Pariwisata untuk mendapatkan solusi bagi masyarakat,” katanya.

Mengenai kegiatan kunjungan kerja di Kota Pekalongan, lanjutnya, dilakukan dalam rangka mengidentifikasi dan menampung permasalahan maupun saran sebagai upaya penguatan ekonomi kreatif. “Era pandemi ini, pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki dua panja yakni panja pemulihan pariwisata dan panja penguatan ekonomi kreatif, yang penyusunanya akan selesai pada tanggal 11 Desember. Bagaimana upaya ini dapat membangkitkan ekonomi kreatif yang memiliki potential winner,” tambahnya.

Selain dialog bersama Wali Kota beserta jajaran pejabat terkait, perwakilan pelaku ekonomi kreatif dan Ketua Kadin, rombongan Komisi X DPR RI sebelumnya juga berkunjung ke sejumlah sentra industri kreatif di Kota Pekalongan. Diantaranya ke Ridak dan Batik Griya Mas.(nul)