Disdukcapil Hadirkan Layanan Tanpa Tatap Muka

by
PANTAU - Kepala Disdukcapil Kabupaten Batang, M Abdul Rahman tengah memantau secara langsung pelayanan tanpa tatap muka.

BATANG – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saat ini dituntut inovatif dalam menghadirkan pelayanan dalam meminimalisir penyebaran virus corona. Seperti dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batang, yang menerapkan pelayanan tanpa tatap muka.

Kepala Disdukcapil Batang, M Abdul Rahman mengatakan, bahwa pihaknya menyediakan dua meja untuk customer service digital. “Warga akan dilayani melalui komputer yang dilengkapi dengan kamera serta microphone untuk berkomunikasi dengan petugas di dalam,” ujarnya, Rabu (18/11/2020).



Lalu, ketika dokumen sudah lengkap, warga bisa menumpuk dokumen dan ada petugas yang mengambilnya. Dodi, sapaan akrabnya, layanan itu untuk meminimalisir kontak langsung antara warga dengan petugas. “Harapannya bisa menghambat penyebaran COVID-19,” jelasnya.

Saat ditemui di kantornya, Dodi tengah memantau secara langsung warga yang berkomunikasi melalui komputer yang disediakan.

Hidayat (25), warga Kecamatan Batang sedang mengurus pengaktifan E-KTP, dia berkonsultasi melalui customer service digital dan dibimbing petugas melalui video call.

“Ya saya maklum sih, cuma kayaknya perlu ada penjelasan alur pelayanan sejak dari depan. Kalau anak muda sih paham, kalau orangtua belum tentu,” pungkasnya. (fel)