Pemda Rintis Kawasan Tanpa Rokok

by
KAWASAN TANPA ROKOK - Plt Bupati Pekalongan Arini Harimurti saat Diskusi Interaktif dan Sharing Tentang Penerapan Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok di Kabupaten Pekalongan di Ruang Rapat Bupati, Kamis (19/11/2020) pagi.

*Arini: Pemerintah Beri Contoh Dulu

KAJEN – Pemkab Pekalongan siap untuk menerapkan kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kota Santri. Selain akan menyiapkan regulasinya, Plt Bupati Pekalongan Arini Harimurti meminta agar aparatur pemerintah memberikan contoh terlebih dahulu kepada masyarakat, agar kawasan perkantoran terbebas dari kepulan asap rokok.

Arini Harimurti mengatakan, untuk menciptakaan Kawasan Tanpa Rokok di Kabupaten Pekalongan, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah. Di antaranya, sebagai aparatur pemerintah harus memberikan contoh dahulu kepada masyarakat luas untuk tidak merokok.

Setelah pemerintah bisa menata diri untuk membiasakan pola hidup sehat dengan tidak merokok, lanjut Arini, maka masyarakat akan mencontoh, dan setelah itu baru pemerintah harus melakukan langkah konkret untuk segera mengimplementasikan harapannya supaya Kabupaten Pekalongan menjadi Kawasan Tanpa Rokok.

‘’Tugas kita yang pertama tentu saja ini mungkin bu staf ahli, di kawasan kita dulu bagaimana kita bisa menjadi suri tauladan. Jika di kawasan kita sudah berhasil bebas dari asap rokok baru kita keluar,’’ ujar Arini saat Diskusi Interaktif dan Sharing Tentang Penerapan Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok di Kabupaten Pekalongan di Ruang Rapat Bupati, Kamis (19/11/2020) pagi.

Acara tersebut di antaranya dihadiri Asisten 1 Totok Budi Mulyanto, Kepala Dinas Kesehatan Setiawan Dwiantoro, Staf Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik Siti Masruroh, Ketua Tim Advokasi Kawasan Tanpa Rokok Kemendagri Edward Sigalingging.