Kembangkan Digiretail, Wali Kota Launching Aplikasi Lokapasar Batik

by
LAUNCHING - Wali Kota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz SE melaunching Aplikasi Digiretail Lokapasar Batik Setono di Halaman Pasar Grosir Setono.

“Kami mendorong pengembangan pembayaran digital. Ini penting mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19. Selain itu, pembayaran digital lebih efisien dan praktis,” bebernya.

Kepala Dindagkop-UKM, Bambang Nurdiyatman menambahkan, aplikasi Lokapasar batik memanfaatkan aplikasi WhatsApp. Ke depan, pihaknya akan memperluas jangkauan tidak hanya pelaku UMKM Grosir Setono namun juga sentra batik lainnya di Kota Pekalongan. “Kami secara bertahap melakukan pendataan pelaku UMKM di Pasar Grosir Setono. Hingga saat ini, ada sekitar kurang lebih 50 pelaku usaha. Ke depan, akan kami perluas ke semua pedagang di Grosir Setono. Termasuk sentra batik Kauman, Pesindon dan sentra lainnya,” tuturnya.

Sedangkan,
Kepala Bidang Perdagangan, Sri Haryati SSos MM menyampaikan, aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Whatsapp, mengingat aplikasi WA familiar dan banyak digunakan oleh masyarakat.

“Ke depan akan kami memperluas jangkauan pasarnya tidak hanya pelaku UMKM Grosir Setono namun juga sentra batik lainnya di Kota Pekalongan,” ucapnya.

Adapun cara menggunakan aplikasi Lokapasar Batik, Haryati menjelaskan bahwa pembeli harus menyimpan nomor digiretail terlebih dahulu yakni 0811 4150 8888, kemudian buka aplikasi WA dan masuk di kotak pesan ketik #LOKAPASARBATIK. Pembeli akan disediakan pilihan outlet terdekat, selanjutnya ada dua metode yang disediakan yakni Ambil Sendiri (Pickup Order) atau Pesan Antar (Delivery), apabila pembeli memilih metode pesan antar maka harus menyertakan alamat lengkap. Setelah itu akan disediakan tombol pesan sekarang, pada tahap ini pembeli bisa langsung memilih barang yang diinginkan serta model pembayaran yang akan digunakan.