TPA Overload, Yuk Daur Ulang Limbah Plastik

by
MENGGUNUNG - Gunungan sampah di TPA Randukuning yang sudah overload.

BATANG – Volume sampah di Batang tiap tahun mengalami peningkatan, khususnya jenis plastik. Oleh karenanya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang mengajak masyarakat untuk bijak mengkonsumsi limbah plastik. Pihaknya juga berharap agar limbah plastik sebelumnya dapat didaur ulang, sehingga mengurangi jumlah limbah plastik yang dibuang ke TPA.

“TPA Randukuning itu sudah overload kapasitasnya. Karena hampir seluruh sampah di Batang dibuang ke situ. Kami memang sedang ada wacana untuk alih lokasi, tetapi kami juga berharap masyarakat bisa lebih bijak mengkonsumsi sampah plastik. Dan kami harap sampah plastik tidak langsung dibuang ke TPS, ataupun TPA, tapi bisa didaur ulang dulu, atau dimanfaatkan menjadi ekobrick dan pemanfaatan lainnya,” jelas Kepala DLH Batang, A Handy Hakim, Kamis (19/11/2020).

Pihaknya juga mengapresiasi kelompok masyarakat yang sudah berkomitmen mendaur ulang limbah plastik. Terlebih bisa memanfaatkan plastik menjadi barang yang lebih berdaya guna.



“Seperti pembuatan Ekobrik oleh PKK Batang yang bahkan sudah menjadi green house dan kantin. Dan tentunya banyak jua kalangan masyarakat yang bisa mengubah limbah sampah bahkan bisa bernilai rupiah. Kami harap sampah plastik bisa dipilah dan diolah dari rumah dan tidak dibuang ke TPS sehingga tidak terbuang ke TPA,” harapnya.

Menjelang musim hujan, pihaknya berharap masyarakat tidak membuang sampah ke tempat sembarangan. Khususnya ke tempat yang dapat menyumbat saluran air. Ia juga berharap warga tidak membuang sampah ke genangan air jika terjadi banjir.

“Dan jika terjadi banjir jangan sampai juga masyarakat membuang sampah di genangan air banjir. Kami sudah kerahkan pasukan got untuk bersih-bersih aliran air sungai, dan kami harap masyarakat bisa mendukung program tersebut dengan menjaga aliran air agar tidak tersumbat sampah,” pungkasnya. (nov)