Waspadai Potensi Pohon Tumbang

by
PERAGAKAN - Bupati Wihaji didampingi Kapolres, Kasdim, dan Kalak BPBD saat memperagakan peralatan yang dipersiapkan dalam menghadapi bencana alam.

BATANG – Hujan disertai angin kencang acap kali terjadi pada akhir akhir ini. Terlebih, hingga menimbulkan sejumlah pohon dan fasilitas publik lainnya tumbang dan roboh. Oleh karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan pada musim penghujan ini.

“Masyarakat yang bermukim di dekat pohon besar dan berusia tua diminta waspada, serta warung dan perkantoran,” kata Kepala Pelaksana BPBD Batang, Ulul Azmi, Kamis (19/11/2020).

Ulul menyebutkan, berdasarkan data yang masuk ke pihaknya, kejadian pohon tumbang pada bulan November ini baru dua kali. Di mana pada kejadian itu, hingga menimbulkan kerugian.



“Instansi terkait sudah berupaya untuk menanganinya, dengan melakukan pemangkasan dan pengurangan dahan pohon yang dinilai membahayakan dan berpotensi tumbang,” ujarnya.

Dijelaskan dia, untuk pemangkasan dan pengurangan dahan pohon di jalan kabupaten menjadi kewenangan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Batang (DPUPR).