Waspadai Tanda Anosmia

by
Setiawan Dwiantoro

*Gejala Awal Terinfeksi Covid-19

KAJEN – Anosmia adalah salah satu gejala yang akhir-akhir ini kerap muncul pada pasien terinfeksi Covid-19 di Kabupaten Pekalongan. Oleh karena itu, jika masyarakat merasakan gejala kehilangan indra penciuman dan perasanya (anosmia) untuk segera melapor ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Setiawan Dwiantoro, ditemui di Gedung DPRD Kabupaten Pekalongan, Rabu (18/11/2020).

“Hilangnya indra penciuman, indra perasa, atau anosmia, segera dilaporkan ke faskes terdekat. Sekarang sudah muncul gejala awal seperti itu untuk segera diberi tindakan penanganan kasus tersebut,” ujarnya.

Harapannya, agar tidak terjadi penyebaran di sekitar kasusnya, atau di sekitar orang yang terpapar virus corona.

Kasus anosmia ini di antaranya dialami oleh rombongan ziarah dari Desa Krandegan, Kecamatan Paninggaran. Usai berziarah dari Yogyakarta, beberapa peserta ziarah mengeluhkan tidak bisa merasakan bau apapun. Setelah menjalani tes usap, sembilan warga ternyata positif Covid-19.

“Ada rombongan ziarah dari Yogya ternyata rata-rata mengeluhkan anosmia atau tidak bisa membaui. Setelah diswab, sembilan orang positif,” terang Kepala Puskesmas Paninggaran, dr Novita Margie.

Gejala serupa juga dialami satu ASN di Kecamatan Wonopringgo yang dinyatakan positif Covid-19. “Dia itu habis operasi sinus, indra penciumannya hilang dan suhu tubuhnya panas. Setelah diswab ternyata positif,” terang Camat Wonopringgo, Tuti Haryati.