Masa Pandemi, UNBK Resmi Jadi UBKD

by -
Unang Suharyogi SPd MM Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar

KOTA – Sejalan dengan dihentikannya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) karena mengikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak (social distancing), jajaran Kementerian Pendidikan (Kemdikbud) berupaya untuk mencari model ujian secara online sebagai pengganti UNBK.

Untuk itu kementerian pendidikan memunculkan Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) sebagai pengganti UNBK. Sistem ujian full online ini nantinya akan diberlakukan ke semua jenjang pendidikan dari SD, SMP, SMA dan SMK.

Terkait dengan hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Pendidikan (Dindik) setempat akan melakukan Simulasi Skala Besar (SSB) Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) 2020 untuk satuan pendidikan jenjang SMP/MTS, dan SD/MI yang diselenggarakan mulai tanggal 1 dan 8 Desember 2020.

Adapun siswa yang dilibatkan paling banyak yakni lima orang tiap satuan pendidikan. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Unang Suharyogi SPd MM saat ditemui diruang kerjanya, Senin (16/11/2020).

Unang menyampaikan bahwa persiapan pelaksanaan SSB UBKD 2020 akan diikuti sebanyak 15 SD, 5 MI 28 SMP, dan 5 MTS. Dimana masing-masing sekolah terdiri dari lima siswa dan guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG).