KONI Dapat Alokasi Anggaran Rp4 Miliar

by
OTO BERSAMA - Jajaran pengurus KONI bersama atlet dan pelatih, berfoto bersama Plt Ketua DPRD yang didampingi anggota DPRD usai audiensi, Kamis (12/11/2020).

*Berpeluang Ditambah Saat APBD Perubahan

KOTA – Setelah hari sebelumnya menggelar audiensi dengan Wali Kota Pekalongan, jajaran pengurus KONI bersama cabor, atlet dan pelatih menggelar audiensi dengan DPRD Kota Pekalongan, Kamis (12/11/2020). Masih dengan tujuan yang sama, KONI ingin meminta dukungan dari DPRD terkait anggaran yang dibutuhkan dalam rangka mempersiapkan diri sebagai tuan rumah gelaran Porwil eks Karesidenan Kedu, Pekalongan, Banyumas (Dulongmas) pada 2021 mendatang.

Dalam audiensi yang digelar di Ruang Sidang DPRD tersebut, KONI dan insan olahraga Kota Pekalongan mendapatkan kabar baik. DPRD memastikan telah menempatkan alokasi anggaran untuk KONI sebesar Rp4 miliar. Jumlah tersebut masih bisa ditambah minimal Rp500 juta dalam APBD Perubahan.

Kabar baik itu diungkapkan langsung oleh Plt Ketua DPRD Kota Pekalongan, Nusron. Dia menjelaskan, pihaknya memang menerima proposal kebutuhan anggaran KONI dari Komisi C yang mendapatkannya dari Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dinparbudpora). Dalam proposal itu, pengajuan anggaran untuk KONI yakni sebesar Rp5,7 miliar.

“Namun yang diusulkan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sebesar Rp3 miliar. Sehingga tadi pagi (Kamis 12/11/2020), saya bertemu Pak Wali untuk lobi dan meminta agar jumlah anggaran untuk KONI bisa ditambah mendekati usulan. Akhirnya ditetapkan dalam Rapat Banggar tadi siang sebesar Rp4 miliar,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Nusron, karena Porwil Dulongmas akan digelar pada bulan November 2021 maka DPRD juga telah meminta alokasi tambahan minimal Rp500 juta dalam APBD Perubahan. “Sehingga anggaran untuk KONI adalah Rp4 miliar dalam penetapan dan dalam perubahan akan ditambah minimal Rp500 juta. Nanti akan dilihat dulu apakah PAD bisa bertambah, kalau bisa mungkin saja bisa ditambah juga,” katanya.