Membayar Puskesmas Tak Pakai Uang Tunai

by
LAUNCHING - Cegah potensi penyalahgunaan keuangan, Dinkes Kendal melaunching Cashless System, yaitu merupakan alat pembayaran pelayanan di puskesmas secara non tunai melalui aplikasi.

*Dengan Dinkes Launching Cashless System

KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Kali ini melalui Dinas Kesehatan Kendal melaunching Cashless System yaitu merupakan alat pembayaran pelayanan di puskesmas dengan tidak menggunakan uang tunai, namun secara non tunai melalui aplikasi. Sehingga pembayaran jasa pelayanan akan langsung masuk rekening. Launching dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56, Kamis (12/11/2020) di Aula dinas terkait.

Sekretaris Dinkes Kendal dr Budi Mulyono mengatakan, cashless system baru diterapkan di satu puskesmas, yaitu Puskesmas Brangsong 2. Secara bertahap pada pertengahan tahun 2021 sudah ada 15 puskesmas yang menerapkannya. Ditargetkan sampai akhir tahun 2021 seluruh puskesmas di Kabupaten Kendal yang berjumlah 10 puskesmas sudah menerapkan cashless system.

“Puskesmas Brangsong 2 memang sudah dipersiapkan fasilitas untuk menerapkan cashless system, sedangkan untuk puskesmas lainnya di tahun 2021 sudah menerapkan semuanya,” katanya.

Dengan adanya cashless system ini, nantinya akan meningkatkan akuntabilitas, transparansi dan efisiensi dalam pengelolaan keuangan. Cashless system juga memudahkan pelayanan, karena tinggal masukkan NIK yang sudah terintegrasi dengan Disdukcapil.

“Model pembayaran ini juga mempercepat laporan keuangan, sekaligus mencegah terjadinya penyalahgunaan keuangan, kerana tidak ada uang cash, tapi langsung masuk rekening semuanya,” terangnya.