Dengan MCM, Cetak KIA Cukup 2 Menit

by
DAMPINGI - Bupati Batang, Wihaji saat mendampingi salah satu anak mencetak KIA.

BATANG – Disdukcapil Batang melakukan inovasi layanan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus layanan kependudukan. Untuk meminimalisir calo dan pungli, Disdukcapil meresmikan Mesin Cetak Mandiri (MCM) dalam acara sosialisasi administrasi kependudukan yang dilaksanakan di Hotel Dewi Ratih, Kamis (12/11/2020).

MCM bisa digunakan untuk mencetak aneka dokumen kependudukan, seperti akte kelahiran, KK, KIA dan dokumen lainnya. MCM nantinya tersedia di kantor Disdukcapil Batang. Bupati Batang, Wihaji, berharap nantinya desa ataupun kecamatan bisa memiliki MCM ini jika anggarannya memungkinkan.

“Tadi ada salah satu anak yang mencetak KIA cuma 2 menit saja. Harapan kita nantinya pelayanan ini bisa diadakan di kecamatan atau desa yang punya anggaran, atau MPP, sehingga bisa memudahkan masyarakat. Ya nanti kita usahakan,” jelasnya.

Kepala Disdukcapil Batang, Abdul Rahman menjelaskan, di tengah pandemi ini pihaknya berusaha semaksimal mungkin meningkatkan layanan. Salah satunya dengan kehadiran MCM yang merupakan modifikasi dari Anjungan Dukcapil Mandiri.

“MCM ini semacam modifikasi dari rekan-rekan Disdukcapil Batang. Di mana jika menggunakan Anjungan Dukcapil Mandiri seperti anjuran dari pusat, anggaran kami belum memenuhi. Pasalnya satu anjungan sendiri membutuhkan anggaran sekitar Rp 170-190 juta, sedangkan jika dengan MCM ini hanya membutuhkan anggaran sekitar Rp 50 juta,” jelasnya.