Bongkar Kios Penundan, Pemkab Siapkan Rp 260 Juta

by
Rencana Pembongkaran Kios Pangkalan Truk Penundan

*Untuk Ganti Rugi 104 Penyewa

BATANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menyiapkan dana pengganti bongkar muat bagi masyarakat terdampak pembangunan Islamic Center di Dusun Petamanan, Desa/Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang atau di bekas pangkalan truk.

Kepala Dishub Kabupaten Batang, Murdiono mengungkapkan, bahwa pihaknya menyiapkan dana kurang lebih mencapai Rp 260 juta, yang diperuntukkan bagi masyarakat penyewa kios dan lahan di sekitar lokasi pangkalan truk Penundan, Kecamatan Banyuputih.

“Adapun dari data yang diperoleh, terdapat ratusan penyewa kios dan lahan di lokasi pangkalan truk Banyuputih yang akan dibangun Islamic Center itu. Di mana totalnya mencapai 104 dengan rincian, 82 kios dan 22 lahan,” terangnya, belum lama ini.

Menurutnya, untuk besaran nominal biaya ganti bongkar bagi masyarakat penyewa kios dan lahan tidak sama atau berbeda beda. Sebab pihaknya akan melakukan penghitungan berdasarkan luas kios dan lahan yang disewa oleh masyarakat di sekitar lokasi pangkalan truk. “Nanti besaran ganti bongkar tergantung luas kios yang disewa oleh masyarakat,” ujarnya.

Murdiono mengatakan, selama ini Dishub menjadi pihak yang menyewakan kios dan lahan di sana. Tiap bulan, kios di pangkalan truk wajib menyetorkan biaya sewa. Ia menyebut nilai sewa per kios atau lahan berbeda-beda. Kisaran sewa antara Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribuan per bulan.

Kabid Angkutan, Lilik Setyawan menambahkan, bahwa saat ini pihaknya sedang mengejar kekurangan sewa. Ia menargetkan tiap kios bisa melunasi sewa kiosnya sebelum Islamic Center dibangun. “Total tunggakan sewa dan retribusi yang belum masuk di kisaran Rp 18 jutaan,” pungkasnya. (fel)