Memasuki Penghujan, Peralatan Penanggulangan Bencana Dipastikan Siap Digunakan

by
Sejumlah peralatan untuk menanggulangi bencana dicek kesiapanya.

Batang – Untuk memastikan kesiapsiagaan antisipasi bencana, Ditsamapta Polda Jateng melakukan pengecekan peralatan yang dimiliki Polres Batang dalam antisipasi maupun penanganan bencana di sejumlah titik rawan di wilayah hukumnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh Tim Supervisi Dirsamapta Polda Jawa Tengah itu bertujuan untuk memastikan peralatan yang ada bisa difungsikan secara maksimal.

Kabag Binopsnal Dirsamapta Polda Jateng AKBP Didik Priyo Sambodo menyampaikan, jajarannya melakukan supervisi terhadap peralatan apa saja yang disiapkan Polres Batang, untuk menangani apabila terjadi banjir di pantura Batang.

“Terkait banjir sudah kita lakukan apel kesiapsiagaan dan dilakukan pemeriksaan, baik dari perahunya maupun pelampungnya. Kami juga telah melakukan simulasi apabila ada orang tenggelam dan terjadi tanah longsor,” ujar AKBP Didik Priyo Sambodo usai pengecekan di halaman Mapolres Batang, Rabu (11/11/2020).

Menurutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan, peralatan yang ada masih tergolong cukup memadai. Mengingat saat terjun ke lapangan, Polres Batang akan dibantu oleh instansi lain seperti BPBD.

“Kita saling mengisi dan melengkapi dengan menyiapkan sejumlah posko sebagai tempat logistik maupun pengungsian,” lanjutnya.

AKBP Didik mengimbau, seluruh anggota tetap menjaga kesehatan, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. “Selalu terapkan jaga jarak aman, memakai masker dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pengecekan kesiapan dari anggota Polres Batang dalam rangka mendukung pengamanan pelaksanaan Pilkada Serentak di Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Pemalang.

“Dalam persiapan menghadapi Pilkada Serentak 2020 yang diikuti 21 Kabupaten/Kota meliputi kesiapan sarana, Polda Jawa Tengah gunakan sistem rayonisasi untuk pelaksanaan pengamanan,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka menambahkan, pihak Polres Batang saat ini lebih mengoptimalkan peralatan yang telah ada terlebih dahulu untuk menangani apabila terjadi bencana, baik banjir maupun tanah longsor di wilayah tugas Polres Batang.

“Peralatan selalu kita rawat, jadi suatu saat terjadi bencana siap digunakan,” ungkap Kapolres.

Kapolres menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya bencana, pihaknya dengan seluruh elemen dari TNI/Polri, Pemda,Basarnas, telah menggelar apel bersama sebagai bentuk kesiapan penanganan bencana. 

“Semoga saja Kabupaten Batang terhindar dari musibah, namun jika datang, maka semua pihak harus siap sedia dalam melakukan penanganan guna meminimalisir korban,” tandas Kapolres. (don)