Amankan Pangan, Kader Posyandu Diajak Cek Klik

by
SAMPAIKAN - Pemateri dari BPOM Saat membagikan informasi terkait ketahanan pangan.

BATANG – Dinkes Batang mengajak kader Posyandu untuk turut serta mengamankan pangan. Terlebih di masa pandemi ini keamanan pangan juga dibutuhkan untuk menjaga imunitas dalam memerangi Covid-19. Bersama BPOM Semarang, Dinkes mengajak para kader Posyandu agar Cek Klik. Hal tersebut merupakan tindakan pengecekan kemasan, label, izin edar, dan juga kedaluarsa.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Dinkes Batang melalui Kasi Kefarmasian dan Alkes, Riza Zakiyah, saat diwawancarai usai Sosialisasi Keamanan Pangan di Hotel Sendang Sari, Selasa (10/11/2020).

“Hari ini kami ajak kader posyandu, dianggap sebagai orang paling pinter di desa, khususnya terkait masalah kesehatan. Kami jadikan mereka agen pangan aman, sehingga mereka bisa mengdukasi masyarakat sekitar. Khususnya untuk melakukan Cek Klik, yang meliputi cek kemasan, label, ijin edar, dan juga kedaluwarsa,” ujar Riza.

Dijelaskan, Cek Klik ini sangat penting, lantaran tak semua bahan pangan telah disimpan dengan benar sesuai dengan ketentuan. Bisa saja meski tanggal kedaluwarsanya masih lama, bahan pangan tersebut tidak layak konsumsi. Lantaran kemasan yang rusak, izin edar yang tidak jelas, ataupun tidak adanya label.

“Jadi harus dilihat dari berbagai komponen. Tidak hanya dilihat dari misal tanggal kedaluwarsanya. Tapi juga dari bentuk, bau dan juga rasanya. Apakah juga masih layak untuk dikonsumsi atau tidak, serta ijin edar dan legalitasnya juga harus diperhatikan,” imbuhnya.

Dinkes berharap para kader ini bisa membagikan informasi penting ini ke masyarakat sekitar. Sehingga masyarakat bisa lebih sadar akan keamanan pangan. Hal ini juga dilakukan agar masyarakat terhindar pula dari produk aman yang membahayakan. (nov)