Dinkes Ajukan Bantuan Alat Tes PCR

by
RAKOR COVID-19 - Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pekalongan menggelar rapat koordinasi di Aula Lantai 1 Setda, baru-baru ini. Salah satu masukan dalam rakor itu agar Kabupaten Pekalongan memiliki alat tes PCR sendiri.

KAJEN – Direktur RSi Pekajangan dr Widjdan Kadir mengharapkan agar Pemkab Pekalongan bisa memiliki alat tes PCR (polymerase chain reaction) sendiri, sehingga tes bisa dilakukan lebih banyak. Semakin banyak warga yang dites, pencegahan akan semakin masif.

“Corona ada di sekitar kita. Untuk itu tes PCR segera dilaksanakan. Tes saat ini belum menyeluruh. RS Bendan sudah ada PCR. Jika bisa Kajen atau Kraton ada PCR,” ujar dia, kemarin.

Menurutnya, dengan adanya alat tes PCR, maka bisa ngetes lebih banyak orang. Sehingga, lanjut dia, pencegahan penularan Covid-19 bisa lebih masif.

Ia pun mengimbau semua pihak mematuhi protokol kesehatan. Di antaranya dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Pasalnya, virus corona dimungkinkan ada di sekitar kita. “Semua yang rawat inap di kita juga harus rapid test,” tandas dia.

Plt Bupati Pekalongan Arini Harimurti menyatakan, pihaknya akan berupaya untuk bisa mendapatkan alat PCR. “Alat PCR dihitung kemungkinannya bagaimana supaya bisa mendapat alat ini,” ujar dia.